Kesigapan Tim SAR DMC Dompet Dhuafa, Pasca Lebaran Idulfitri

Bogor – Hujan dengan intensitas tinggi membuat debit air di aliran kali Cidangder, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meluap pada Senin (17/5/2021) sekitar pukul 21.00 WIB.

Akibatnya dua dusun di Desa Rengasjajar terendam banjir hingga berdampak ke permukiman warga.

“Ketinggian air mencapai kurang lebih 150 sentimeter, air mulai naik ke permukaan warga sekitar jam 9 malam.” Ungkap Saefi Majdi Ketia selaku Tim Penanggulangan Bencana Desa Rengasjajar.

Berdasarkan informasi dari tim penanggulangan Bencana Desa Rengasjajar, terdapat 273 KK yang terdampak, 4 rumah rusak berat, 7 rusak ringan, dan 6 rusak sedang.

Sementara itu Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa merespon cepat kejadian bencana ini dengan menurunkan enam relawan yang dilengkapi dengan peralatan rescue yang lengkap.

“Ada enam relawan yang terjun dalam aksi respon bencana kali ini, kita juga bawa peralatan yang kemungkinan dibutuhkan seperti mesin alkon, secup, chainshaw dan peralatan lainnya,” ungkap Maizar sebagai koordinator respon DMC Dompet Dhuafa bencana kali ini (17/5/2021).

Setelah melakukan asesmen, tim respon DMC Dompet Dhuafa langsung melakukan aksi bersih-bersih rumah warga dan lokasi sekitar yang penuh dengan lumpur dan material sampah.

“Banyak banget sampah yang berserakan di sekitar rumah warga, jadi kita akan bantu bersihkan menggunakan mesin alkon,” kata Adip Relawan DMC Dompet Dhuafa.

Selain melakukan aksi bersih-bersih, tim DMC juga membuat Pos Hangat untuk para relawan dan warga sekitar (Salam).