Komitmen DMC Dompet Dhuafa Menjadi Mitra PRB BNPB

PANGKALBARU — Pascapenandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa tegaskan komitmen menjadi mitra dalam Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Jalinan sinergi melalui penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan rangkaian acara dalam Bulan PRB Nasional yang berlangsung di Provinsi Bangka Belitung, 11-13 Oktober 2019.

Dalam gelaran acara tersebut dalam salah satu poinnya termaktub,

“Pendanaan yang memadai termasuk melalui pengembangan mekanisme-mekanisme pendanaan inovatif dan kerjasama dengan lembaga usaha,”. Poin tersebut menjadikan tiga lembaga non-pemerintah sebagai mitra dari BNPB, yaitu: DMC Dompet Dhuafa, Yayasan Sayangi Tunas Cilik Indonesia, dan Wahana Visi Indonesia.

Pihak DMC Dompet Dhuafa melalui M. N. Awaluddin, General Manager Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa menyatakan komitmennya akan keputusan tersebut.

“Saya kira ini sebuah komitmen yang bagus antara pemerintah dan lembaga non pemerintah, karena terkait mitigasi kebencanaan adalah kewajiban semua pihak dan perlu kerjasama dan koordinasi terkait itu,” tutur

Untuk itu ia menegaskan bahwa DMC Dompet Dhuafa telah memikirkan beberapa ide terkait perencanaan PRB itu sendiri. Menurutnya, program kebencanaan tersebut telah digodok oleh Dompet Dhuafa di berbagai daerah.

“Salah satunya memahami potensi bencana melalui penelusuran kawasan rawan bencana, pendidikan tanggap kebencanaan bagi masyarakat dan anak sekolah, serta mengawal revisi Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,” lanjut Awal.

Selain dari nota kesepahaman PRB tersebut, Dompet Dhuafa mendapatkan kesempatan di momen peringatan tersebut, untuk mempresentasikan bagaimana penggunaan dana Ziswaf (zakat, infaq, wakaf, dan sedekah) dalam respon bencana, recovery, dan mitigasi kebencanaan.

“Ini adalah amanah sekaligus tantangan buat kami (DMC Dompet Dhuafa) dalam mengembangkan lembaga kami. Insya Allah tidak mengecewakan,” tutup Awal. (Dht)