Konferensi Nasional Pendidikan Bencana III Digelar, DMC Dompet Dhuafa Ikut Berpartisipasi

SERANG – Konferensi Nasional Pendidikan Bencana III kembali digelar 4-5 November 2019. Konferensi yang bertempat di Grand Krakatau Hotel ini mengambil tema “Pendidikan Bencana Sebagai Investasi Negara yang Berbudaya Sadar Bencana”. Sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa turut berpartisipasi dengan menjadi fasilitator dan membuka stan. Demikian disampaikan oleh M Syaiban, Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa.

“Ya jadi saya berkesempatan untuk menjadi fasilitator di sesi anak dengan tema Identifikasi Aksi PRB di Banten Oleh Anak besok. Kalau untuk stan pameran, karena acaranya mengundang anak usia SD kita membawa selebaran mitigasi dan tas siaga. Tadi beberapa anak sudah memadati stan kita minta dijelaskan soal langkah mitigasi yang tertera di poster dan isi tas siaga,” ungkapnya, Senin (4/11).

Kegiatan dibagi ke dalam dua agenda di hari kedua yakni Forum Konsultasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan Konsultasi Anak. Beberapa perwakilan guru dan siswa di sekolah sekitaran Provinsi Banten dihadirkan untuk menjadi peserta dalam konferensi. Selain itu dihadiri pula oleh beberapa lembaga kemanusiaan yang bergelut di bidang kebencanaan beserta dengan dinas pendidikan daerah.

“Acara ini penting sekali mengingat data yang ditunjukkan oleh Bank Dunia mengindikasikan sekitar 76% sekolah di Indonesia berada di daerah rawan gempa. Sekitar 60juta lebih peserta didik akan terdampak. Maka dari itu, warga sekolah perlu dibangun kesadaran bahkan perlu dijadikan budaya berbasis PRB,” terang Syaiban. (Ika)