Korban Hilang Akibat Hanyut di Kali Ciliwung, Tim Sar DMC Dompet Dhuafa Bantu Pencarian


JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan respons cepat pertolongan korban hilang akibat hanyut. Respons cepat ini dilakukan bersama anggota potensi SAR lain yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana (PB) Indonesia di sepanjang Kali Ciliwung. Demikian dikatakan Erwandi Saputra, Koordinator Pencarian dari DMC Dompet Dhuafa di lokasi, Senin (30/12).

“Korban yang hanyut bernama Muhammad Irsad Nurcahya berusia 3 tahun kemarin, Minggu (29/12) sekitar pukul 12.12 WIB. Berdasarkan penuturan orang tuanya, anak tersebut tercebur dan terbawa hanyut karena ada sandal anaknya di pinggir kali. Saat korban hilang tak ada terdengar suara minta tolong dan tak ada orang yang tahu,” tandas Erwandi.

Selain menerjunkan dua personil, DMC Dompet Dhuafa turut mengerahkan bantuan berupa dua unit perahu karet sebagai sarana pencarian. Proses pencarian sempat beberapa kali terhenti karena banyaknya sampah yang menyangkut di mesin perahu. Selain itu tidak ada kesulitan berarti yang dihadapi oleh tim.

Tim sudah bersiaga sejak laporan diterima dari malam kejadian. Lalu melanjutkan pergerakan pukul 08.00 WIB setelah arus sudah ideal untuk diarungi. Setelah beberapa jam melakukan penyisiran, tim gabungan berhasil menemukan korban yang sudah tak bernyawa hari ini pukul 09.30 WIB. Koban ditemukan kurang lebih lima ratus meter dari titik korban diduga terpeleset.

Korban langsung dibawa ke rumah duka dan rencananya akan dimakamkan hari ini.