Lebih dari Empat Ratus Penyintas Bencana Banjir dan Longsor Lebak Rasakan Manfaat Sumur Bor DMC Dompet Dhuafa

LEBAK – Setidaknya lebih dari empat ratus penyintas bencana banjir dan longsor rasakan manfaat keberadaan sumur bor yang diinisiasi oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Sumur bor yan mengalirkan air bersih ini dibuat di pos pengungsian Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran (Dodiklatpur) Rindam III Siliwangi Lebak, Banten. Demikian diungkapkan oleh Sanadi, Koordinator Tim Respons untuk Banjir dan Longsor Lebak, Rabu (29/1).

“Di pos pengungsian ini sumur bornya berlokasi di dekat dapur umum. Sebab sumber air untuk kebutuhan dapur letaknya jauh jadi diharapkan dengan keberadaan sumur ini bisa memudahkan penyintas mendapat pasokan air bersih untuk memasak. Selain itu tentunya dipakai untuk kebutuhan lain seperti mandi,” jelasnya.

Selain melakukan penggalian sumur air bersih, lanjut Sanadi, pihaknya juga turut menyediakan mesin pompa air, tangki air serta pipanisasi yang akan mengalirkan air ke bak penampungan. Berbagai pendampingan pun dilakukan DMC Dompet Dhuafa di pos pengungsian ini diantaranya pendampingan program Taman Ceria, Dapur Keliling, dan distribusi logistik sandang dan pangan.

Untuk diketahui para penyintas di pos pengungsian Dodiklatpur kebanyakan berasal dari Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Lebak Gedong. Saat bencana terjadi, kawasan ini cukup mengalami dampak parah dimana enam warganya tertimbun material longsor serta puluhan rumah lainnya mengalami rusak berat. Kampung ini juga sempat terisolir dan hanya bisa diakses melalui jalan kaki dan jalur udara. (Ika)