Menjelang Idul Adha: Tim SAR DMC Dompet Dhuafa Evakuasi Korban Tenggelam

Jakarta Utara—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa tetap siaga meski menjelang perayaan hari Idul Adha. Hari Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021, tim DMC Dompet Dhuafa selalu siaga dalam melakukan respon-respon kebencanaan. Dengan menerapkan protokol kesehatan dan stamina yang optimal, tim tidak segan-segan dalam membantu masyarakat.

Sabtu pagi (17/7/2021), DMC Dompet Dhuafa bersama tim gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta; Polair Polda Metrojaya; KSOP Muara Baru; SAR MTA; Mapala UIN; RIT; Korgad; dan Nelayan setempat. Melakukan penelusuran di wilayah perairan Pasar Ikan Muara Baru untuk mencari korban tenggelam.

Berdasarkan laporan atas nama Paulus, pada pukul 17:14 WIB tim Polair Kali Adem mendapatkan kabar bahwa terdapat satu orang tenggelam di sekitaran perairan Pasar Ikan Muara Baru, Kec.Pejnaringan, Jakarta Utara (16/7/2021). Adapun korban bernama Carman, lelaki berumur 47 tahun.

“Sebelumnya kita dapat kabar korban hilang dari BASARNAS. Kemudian kita langsung sigap dengan turut serta menurunkan tim untuk membantu pencarian korban,” terang Bagoes Firmansyah selaku PIC Tim Sar DMC Dompet Dhuafa yang bertugas.

Pada Jumat lalu (16/7/2021) sekitar Pukul 07.20 WIB 3 (tiga) penyelam tradisional melakukan penyelaman di sekitar perairan Pelabuhan Pasar Ikan Muara Baru untuk mencari kerang,

Pukul 08.30 WIB 2 (dua) penyelam an. Sobirin dan Cakra naik ke permukaan. 

Pukul 09.30 WIB penyelam an. Carman belum juga muncul ke permukaan kemudian Sobirin memberi tanda kepada Carman untuk naik kepermukaan dengan cara menarik selang kompresor namun ketika ditarik selang tersebut sudah putus.

Pukul 09.35 Sobirin dan Cakra berusaha mencari di sekitaran lokasi kejadian dengan hasil nihil.

Diperkirakan titik koordinat korban tenggelam berada di 6° 5’29.33″S 106°47’59.7″E dengan radial 81,30° / 18,81 Km google map, serta jarak tempuh 54 menit, 29 km dari Kantor Pencarian dan Pertolongan jakarta .

Selang beberapa jam penelurusan tim berhasil menemukan korban pada Sabtu pagi (17/7/2021) pukul 09:35 WIB dalam kondisi sejauh 0,5 nanometer dari titik terakhir terlihat (LKP). Pria yang berlamat di Blok Gandok I, Rt 002/005 Kel.Parean Girang, Kec.Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat ini kemudian langsung dibawa ke RSCM untuk segera ditindaklanjuti.

“Alhamdulillah korban cepat ditemukan,” tutup Bagoes.