Minimalisir Penyebaran Virus Covid-19, Dokter Jajaki Body Chamber Dompet Dhuafa

BEKASI – Dua Dokter yang bertugas di puskesmas menjajaki body chamber yang diinisiasi oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Kedua dokter tersebut yakni dr Amelia dari Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta Pusat dan dr Clara dari Puskesmas Kelurahan Jatibening, Bekasi. Menurut keduanya, kehadiran body chamber ini bisa meminimalisir penyebaran Virus Covd-19 karena cairan antiseptik yang digunakan bisa menghalau kuman ataupun virus yang menempel di pakaian.

“Kami menghaturkan syukur dan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang menyumbangkan body chamber ini, sangat berguna sekali. Kehadiran body chamber ini sangat berguna untuk pasien, pengunjung maupun petugas kesehatan yang bertugas. Semoga Dompet Dhuafa bisa terus berkontribusi membantu masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini,” jelas dr Amelia pada Rabu (08/04).

Senada, dr Clara mengapresiasi donasi satu unit body chamber ke puskesmas tempatnya bertugas. Ia bilang hal tersebut menjadi tambahan motivasi bagi para petugas kesehatan untuk terus tegak berdiri di garda terdepan melawan pandemi Covid-19.

“Kami hari ini mendapatkan tambahan proteksi baru untuk memutus rantai penyebaran virus dengan kehadiran body chamber ini.  Apalagi cairan disinfeksi yang digunakan aman, tadi saat saya coba tidak perih di mata dan kulit karena memakai cairan antiseptik,” jelas dr Carla.

Untuk diketahui, komposisi bahan cairan antiseptik yang dipergunakan sebagai cairan pada body chamber terdiri atas chloroxylenol (4,8 %) dengan pengenceran 25 ml per 1 liter air atau benzalkonium klorida (1,1856 %) dengan pengenceran 45 ml per 1 liter air. (Ika)