Pasang Tiga Tangki Air untuk Penyintas Banjir NTT

Lembata, NTT—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa memasang tiga tangki air untuk penyintas banjir di NTT (23/4/2021). Adapun tiga tangka air tersebut berada di Ds. Nelelamawangi (Adonara), Masjid Babussalam Ds. Woewala (Lembata), dan masjid darurat Al Muhajirin Waipukang (Lembata).

Senin lalu (19/04/2021) berkolaborasi dengan DDV Alor dari Pesantren Muallaf DD Alor, LKC NTT, DD NTT menyediakan pos medis dan mendistribusikan sembako di Pulau Pantar. Kegiatan tersebut dihadiri 82 peserta perwakilan sekaligus pembagian sembako dan baju lebaran, yang dilaksanakan di Rumah Bina Muallaf Alor.

“Tempo hari lalu (Kamis, 22/04/2021), kami melakukan peninjauan untuk kebutuhan MCK dan sumur bor, distribusi toren air, serta perbaikan mesin”, imbuh Sanadi selaku penanggung jawab DMC Dompet Dhuafa di NTT.

Sampai hari ini (Jumat 23/04/2021) cuaca terpantau cerah, sementara untuk aktifitas Gunung Ile Ape beberapa kali erupsi kecil. Di satu penyintas dan relawan terkendala dengan tidak adanya sinyal seluler di Desa Waimatan Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata. Meski begitu, penormalan listrik masih dilakukan di beberapa titik dan sebagian ada yang belum normal listriknya. Terakhir jembatan darurat penghubung Desa Weiburak ke Desa Saosina sudah bisa dilalui roda empat memudahkan akses jalan bagi relawan dan penyintas setempat.

“Terima kasih Dompet Dhuafa sudah memenuhi kebutuhan airnya masyarakat Saosina,” ujar salah satu warga di Saosina, Flores Timur, NTT.

Sanadi menambahkan,“Selain itu kami juga membuka Dapur Ramadan atau Dapur Umum dengan menyediakan aneka makan dan minuman waktu sahur dan berbuka puasa sebanyak 100 paket”.