Pasca Banjir Bandang, Tim Dompet Dhuafa Jabar Bersama Warga Bersihkan Fasilitas Pendidikan

CIANJUR – Banjir bandang yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat (Jabar) pada Jumat (2/10) mengakibatkan beberapa dampak bagi masyarakat sekitarnya. Diantaranya kerusakan dan terendamnya beberapa fasilitas umum. Tim Dompet Dhuafa Jabar yang telah membersamai para penyintas sehari pascabencana terjadi, kemarin melakukan pembersihan fasilitas pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Leles yang beralamat di Jalan RH Mulya Sukarama RT 001 RW 002 Desa Karyamukti di Kecamatan Leles.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama wargamembersihkan dua gedung sekolah yakni MTs dan MA Leles. Di sekolah ini ada 385 siswa MTs dan 298 siswa MA. Selepas dari sini, kita akan asesmen ke Desa Sindangsari terkait kebutuhan dasar dan rumah warga yang mau dibersihkan,” papar Resda Jaya Pangestu Koordinator Tim Dompet Dhuafa Jabar, Senin (5/10).

Selain itu, Resda sampaikan tim berencana untuk mengakses Desa Sukajaya yang merupakan salah satu dari empat desa yang terisolir akibat jalan tertutup material longsor. Guna mencapai daerah tersebut, tim mesti mengambil jalur hingga ke Kecamatan Sindangbarang dimana akses jalannya bisa dilalui kendaraan roda empat.

Adapun kronologis kejadian yakni pada Jumat (2/10) pukul 16.00 – 21.30 WIB Cianjur Selatan diguyur hujan dengan intensitas deras. Hal tersebut mengakibatkan meluapnya Sungai Cisokan dan terjadi longsor di beberapa wilayah sehingga akses untuk menuju Kecamatan Leles dan Cijati tertutup. Sebanyak 4 unit jembatan terputus diakibatkan banjir. (Ika)