Pasien di RS Kartika Pulomas Dievakuasi Tim Respons Cepat Banjir DMC Dompet Dhuafa

JAKARTA – Tim respons cepat banjir Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengevakuasi pasien yang berada di RS Kartika Pulomas, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. Beberapa pasien diungsikan ke lantai dua rumah sakit, sementara pasien yang membutuhkan perawatan lebih lanjut dirujuk ke rumah sakit lain. Demikian dikatakan Koordinator Tim Respons Cepat Wilayah Jakarta Eka Suwandi, hari ini (1/1).

“Tadi kita terima laporan dari dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut bahwasanya beberapa pasien perlu dirujuk keluar. Sebab banjir mulai memasuki kawasan rumah sakit sementara pasien-pasien ini butuh pertolongan lebih lanjut segera. Pasien yang berada di sini berjumlah sekitar 40-an,” ungkap Eka.

Beberapa pasien yang perlu dirujuk ke rumah sakit lain yakni seorang wanita hamil dan seorang pria yang alami patah tulang. Pasien wanita hamil berhasil dievakuasi oleh tim respons cepat banjir DMC Dompet Dhuafa ke RS Pertamina Jaya, Jakarta Pusat. Sementara pasien patah tulang, sesuai kesepakatan keluarga akan dibawa ke Padang.

“Keluarga pasien sepakat untuk membawanya ke Padang menggunakan armada pesawat terbang. Saat ini tim sedang mengurus proses pemindahan pasien. Dalam proses evakuasi dari rumah sakit kita menggunakan armada Unimog karena pasien patah tulang tidak mungkin dibawa menggunakan perahu,” jelas Eka.

Sebagai informasi banjir diperkirakan masih merendam tujuh belas kawasan di sekitar Jabodetabek. (Ika)