Pelatihan Dasar Program Penanggulangan Bencana Digelar DMC Dompet Dhuafa untuk Warga Desa Medana

LOMBOKUTARA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menggelar pelatihan dasar program penanggulangan bencana untuk warga Desa Medana, Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada 12-14 November 2019. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari sosialisasi mengenai Kawasan Tanggap Bencana (KTB) di wilayah tersebut yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa September Silam.

Dikatakan oleh Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Desi Edian Sari selain lakukan pelatihan dasar program penanggulangan bencana, juga digelar pembentukan Forum PRB Desa Medana.

“Kegiatan lanjutan ini merupakan hasil analisis dari sosialisasi pertama di mana warga Desa Medana banyak yang sudah merasa bahwa KTB penting diadakan di sini. Termasuk para pemangku kepentingan seperti kepala desa dan BPBD yang siap bekerja sama dengan DMC untuk menyukseskan program tersebut,” ungkap Desi, Rabu (14/11).

Dalam pelaksanaan pelatihan ada beberapa pendekatan yang dilakukan. Salah satunya melalui diskusi antarpeserta tentang pengetahuan kebencanaan kemudian memaparkannya. Hal ini penting dilakukan karena warga merupakan unsur penting untuk penerapan budaya tanggap bencana.

“Kemudian ada pemaparan juga mengenai indikator KTB dan pelatihan pertolongan medis pertama. Secara keseluruhan hal yang kita lakukan sudah tepat sasaran baik dari kawasan maupun pihak yang terlibat. Dicanangkan untuk program lanjutan akan dilaksanakn bulan depan yaitu mengenai perlengkapan sarana dan prasarana dan pembuatan program kerja dari Forum PRB,” imbuh Desi. (Ika)