Pelatihan Jungle Rescue Gratis Bagi Relawan Jabodetabek

Tangerang Selatan—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kembali menggelar pelatihan kebencaan Jungle Rescue pada Senin petang (5/4/2021). Sebelumnya DMC Dompet Dhuafa juga memberikan pelatihan Vertical Rescue dengan total peserta 20 relawan yang dilakukan selama dua hari (1/4/2021).

Kali ini DMC Dompet Dhuafa menargetkan peserta sebanyak 30 relawan jabodetabek. Rencananya pelatihan Jungle Rescue akan diadakan di Gunung Bunder,Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Jungle Rescue sendiri memiliki arti berupa kegiatan evakuasi pada medan yang banyak pepohonan atau hutan. DMC Dompet Dhuafa melakukan pelatihan ini pada 5 – 7 April 2021.

“Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, pelatihan ini menyasar lebih banyak peserta. Mengingat lokasi yang digunakan berada di lingkungan luar (outdoor) sehingga lebih leluasa ketimbang pelatihan sebelumnya yang lebih sering di dalam ruangan (indoor)”, terang Achmad Riyadi selaku Manager Respon dan Recovery DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat.

“Sama dengan pelatihan sebelumnya, para peserta relawan diwajibkan membawa hasil tes non-reaktif Genose atau Antigen. Dan pendaftaran pelatihan ini sama sekali tidak dipungut biaya,” sambung Achmad Riyadi yang sering disapa Bang Keling.

Adapun kriteria peserta diperuntukan bagi mereka yang paling sering ikut melakukan turun aksi respon bersama tim DMC Dompet Dhuafa. Untuk semua usia yang berada di wilayah jabodetabek.

“Pertama ini untuk wilayah jabodetabek dahulu,” imbuh Bang Keling.

“Harapannya melalui kegiatan ini para relawan menjadi lebih percaya diri dan lebih mumpuni dalam membantu respon bencana yang terjadi di mana saja,” tutup Bang Keling.