Penyintas Gempa Maluku Tengah Apresiasi Program Taman Ceria

MALUKUTENGAH  – Gempa bumi pada Kamis, (26/9) melanda kawasan Ambon hingga beberapa wilayah di sekitarnya seperti Maluku Tengah. Sebagai lembaga kemanusiaan, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa langsung melakukan respons cepat pascagempa terjadi.

Disampaikan Koordinator Tim Respons DMC Dompet Dhuafa untuk Gempa Ambon Maizar Helmi, beberapa program telah dilakukan di berbagai wilayah seperti Kota Ambon dan Provinsi Maluku Tengah  Tim kini berfokus pada respons tanggap daurat di Desa Liang, Kecamatan Salahutu dan Pulau Haruku, Kecamatan Haruku di Maluku Tengah. Program yang dilakukan berupa Pos Hangat, Dapur Umum dan Taman Ceria.

Rani (30th) salah seorang warga asal Desa Liang yang berada di posko pengungsian Desa Liang mengapresiasi program respons yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa. Apalagi ia menilai keberadaan Taman Ceria sangat tepat untuk dilakukan terhadap para penyintas yang alami tekanan psikis akibat bencana gempa.

“Bersyukur sekali dengan adanya Taman Ceria ini. Anak-anak bisa main lagi bisa sejenak lupa sama bencana yang dialaminya. Apalagi di sini ada tempat permainannya ya dan bisa kumpul sama teman main sama-sama didampingi oleh kakak-kakak yang baik juga,” tandas Rani.

Ia berharap dengan program respons yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa bisa meminimalisir perasaan tidak nyaman yang dirasakan penyintas. Ia turut berharap agar DMC Dompet Dhuafa bisa terus menebarkan manfaat di wilayah yang membutuhkan bantuan.

Untuk diketahui, Taman Ceria merupakan program dengan konsep kegiatan di tempat terbuka. Di mana bisa dilakukan kegiatan dongeng, bermain alat musik dan ada wahana bermain anak. Selain itu di tempat ini nanti diperuntukkan juga bagi para orangtua sebagai lokasi pendekatan psikososial.

Sementara itu, Kecamatan Salahutu merupakan salah satu kecamatan terdampak berdasarkan data yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Di wilayah Kota Ambon, 5 kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Teluk ambon, Leitimur Selatan. Penyintas tertinggi berada di Kecamatan Baguala. Sedangkan di Maluku Tengah, kecamatan terdampak yaitu 3 kecamatan, Salahutu, Pulau Haruku dan Leihitu. Sementara itu di Seram Bagian Barat, 5 kecamatan terdampak di Kairatu, Seram Barat, Inamosol, Amaratu dan Kairatu Barat. (Ika)