Realisasi Rencana Pengadaan Safe School di Daerah Rawan Kabut Asap Mulai Dilakukan

PALEMBANG – Rencana pengadaan safe school yang digagas oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama tiga seniman muda Chiki Fawzi, Meda Kawu, dan Vira Talisa, mulai memasuki tahap realisasi. Safe school atau sekolah aman ini akan diadakan di beberapa titik wilayah yang rentan terpapar bencana kabut asap. Hingga berita ini diturunkan setidaknya ada lima titik pembangunan sekolah aman diantaranya Palembang satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI), Jambi satu sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Ogan Ilir satu pondok pesantren, Ketapang satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS), dan Pekanbaru satu sekolah dasar yakni SDN 1.

“Jumlah ini mungkin akan bertambah mengingat tim kita di Sumatera dan Kalimantan masih melakukan asesmen di lapangan. Kita berharap sedapat mungkin bisa menjangkau banyak sekolah di berbagai jenjang akademi,” demikian dijelaskan Koordinator Respon Bencana Kabut Asap DMC untuk Sumatera, Narwan pada Jumat, (20/9).

Kemudian, lanjutnya, sejak kemarin sebagai langkah awal sudah mulai dilakukan penyerahan alat-alat yang bisa membantu meminimalisir kabut sesuai arahan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupa kipas pembuangan udara, tirai kain yang diusahakan selalu dalam keadaan lembab, busa dakron, kipas angin, pot tanaman yang bisa menyerap polusi di udara, dan akuarium yang sudah diisi dengan ganggang yang dilengkapi lampu ultraviolet MI Masdarul Ulum Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

“Selain itu kita juga akan mengadakan sosialisasi di sekolah-sekolah tersebut terkait bencana asap. Seperti penyebab kabut asap, partikel yang terkandung di dalamnya, cara meminimalisir risikonya sampai ke cara pemakaian masker yang bencar. Juga tentang bagaimana caranya mendorong mereka agar punya kesadaran bersama untuk merawat alam sekitar,” tutur Narwan.

Di akhir, ia bilang tidak tertutup kemungkinan selain pengadaan ruang kelas bebas asap akan diupayakan pengadaan ruangan bebas asap yang mana di ruangan tersebut akan ada tabung oksigen, oxycan, dan tempat istirahat.