Relawan DMC Dompet Dhufa Bantu Korban Banjir dan Longsor di Kabupaten Agam

AGAM – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa lakukan respons cepat dengan mengirim tim relawan pada kejadian banjir yang melanda Jorong Galapung, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Sedikitnya lima belas unit rumah, dua unit fasilitas umum, lahan tambak dan pertanian, saluran pipa air dan akses ke lokasi terdampak akibat bencana yang terjadi sore hari Rabu, (20/11). Demikian disampaikan Supervisor Tim Respons DMC Dompet Dhuafa Abdul Aziz.

“Dari info relawan di lapangan banjir disebabkan hujan deras melanda wilayah tersebut membuat debit air naik. Longsoran membawa material batu dan kayu sehingga mengenai rumah dan menutup akses jalan. Hingga saat ini kita masih berkoordinasi terkait situasi di lapangan pada relawan,” tutur Aziz pada Jumat (22/11).

Yondra, salah satu relawan DMC Dompet Dhuafa di Komunitas Ayo Tolong sebutkan bahwa tim di lapangan telah lakukan berbagai respons. Diantaranya membuka Pos Hangat, yakni pos yang didirikan sebagai tempat penyediaan minuman hangat dan makanan ringan, Pos Segar dan Pojok Charger.

“Lalu kita juga melakukan giat membersihkan bekas material banjir di rumah-rumah warga serta melakukan pemutakhiran data mengenai kemungkinan terjadinya bencana susulan. Rencananya besok layanan-layanan ini masih diadakan untuk para penyintas dan relawan-relawan yang membantu proses respons banjir,” ujarnya.

Yondra katakan situasi di lapangan masih diguyur hujan yang menyebabkan beberapa tempat masih tergenang. Bukan hanya hujan yang menyebabkan banjir di Jorong Galapung, namun juga kiriman air dari bukit turut serta membawa material lumpur dan batu yang ikut membanjiri pemukiman warga. (Ika)