SIAP SIAGA ERUPSI MERAPI! DMC Dompet Dhuafa Sigap Terjunkan Tim

Sejak peningkatan status Gn. Merapi menjadi siaga (level III) Kamis, 05 November 2020. Tim DMC Dompet Dhuafa melakukan pemantauan waktu ke waktu dengan memonitor kondisi wilayah berpotensi terdampak erupsi melalui relawan-relawan DD yang tersebar di DIY dan Jawa Tengah. Selain itu, untuk melihat perkembangan pergerakan aktivitas vulkanik Gn. Merapi, Tim DMC melakukan pemantauan melalui laporan aktivitas di https://magma.esdm.go.id/.

Dikatakan oleh PIC Respon Siaga Erupsi Gn. Merapi DMC DD Maizar Helmi, sejak kemarin malam tim Respon sudah melakukan pemetaan aksi. Dengan melihat kondisi saat ini, Tim Respon DMC DD tidak luput dalam mempersiapkan pergerakan dengan protokol Kesehatan di tengah pandemi. Terhitung sebanyak 11 personil sudah menjalani Rapid test pkl.17.00 WIB dan dinyatakan non-reaktif.

Tim Respon DMC DD sudah bertolak menggunakan mobil taktis Hilux dan Unimog pkl. 22.30 WIB (06/11) dengan skema aksi sebagai berikut:

  1. Tim Respon akan dibagi menjadi 2, tim respon pertama akan melakukan penguatan jaringan relawan dan komunikasi dengan tim cabang dan tim mitra. Kemudian tim respon lainnya akan bertugas melakukan mapping area krb III untuk menyiagakan armada evakuasi. Selanjutnya membuat pos satelit di beberapa titik krb III,
  2. Melakukan koordinasi dengan BPBD dan basarnas dalam setiap proses rencana aksi.
  3. Tim Respon lainnya akan membuka Pos Hangat di Pengungsian Magelang (Desa Deyangan dan sekitarnya)
  4. Selanjutnya yakni mendatangi mitra lokal di wilayah binaan Srumbung, Magelang untuk melakukan koordinasi kesiapsigaan.

Armada ini berencana akan melalui jalur tol cikopo-palimanan selama +- 7 jam perjalanan darat. Hingga tulisan ini diturunkan, tim masih dalam perjalanan menuju lokasi. (DE/red.)