Siswa Sekolah Cikal Lakukan Kunjungan Ke DMC Dompet Dhuafa

 

TANGERANGSELATAN – Perwakilan siswa dari Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta Selatan, melakukan kunjungan ke kantor Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa pada hari ini, Rabu (13/11). Kunjungan ini merupakan inisiatif dari pihak sekolah yang ingin memberikan wawasan dari lembaga yang terlibat langsung mengenai kebencanaan dan permasalahan sosial yang ada di Indonesia kepada para siswa. Demikian diterangkan Rasmi Anindyojati, salah satu guru yang mendampingi siswa-siswi tersebut.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memenuhi tugas akhir mereka.

“Tadi bahas banyak hal mulai dari bantuan apa saja yang bisa diberikan ke korban bencana sampai ke persoalan kemiskinan. Bersyukurnya tadi langsung dijamu sama Direktur DMC yang memberi banyak informasi dan pencerahan mengenai isu-isu tersebut,” ujar Anin.

Anin sampaikan salah satu hal yang menjadi pengetahuan baru yang didapat dari kunjungan tersebut adalah pemahaman mengenai bantuan bagi korban bencana bukan hanya berbentuk materi. Pemberdayaan para penyintas juga harus menjadi prioritas. Berangkat dari hal ini ia dan para siswa yang hadir akan berdiskusi lagi mengenai implementasi yang tepat dilakukan guna membantu para penyintas, salah satunya dengan bekerja sama dengan DMC Dompet Dhuafa.

Manajer Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa Ahmad Riyadi yang turut berdiskusi di kunjungan ini katakan bahwa tanggapan yang diberikan siswa-siswi tersebut sangat baik. Tak hanya berdiskusi, para siswa diajak untuk melihat fasilitas respons bencana milik DMC Dompet Dhuafa. Seperti perahu karet, ambulans, perlengkapan vertical reacue dan sebagainya.

“Edukasi ke anak-anak mengenai tanggap bencana kan juga termasuk dalam fokus kita. Jadi tadi sekaligus memberi informasi mengenai kesiapsiagaan,” tutupnya. (Ika)