Siswa Sekolah Dasar Cikal Cilandak Dilatih Mitigasi Bencana Gempa Bumi


JAKARTA – Sebanyak lima puluh anak Sekolah Dasar (SD) Cikal Cilandak mengikuti pelatihan mitigasi bencana. Kegiatan yang diadakan oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, bertempat di Aula SD Cikal Cilandak, Jakarta Selatan. Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian upaya pengurangan risiko bencana (PRB) dalam bidang Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB). Hal ini disampaikan Staf PRB DMC Dompet Dhuafa Desi Edian Sari yang memberi materi gempa bumi dan upaya penyelamatan saat gempa terjadi.

“Anak-anak yang mengikuti pelatihan terdiri dari perwakilan tiap kelas mulai dari kelas I sampai V. Berdasarkan informasi dari gurunya, anak-anak tersebut sudah pernah dilatih kesiapsiagannya saat bencana terjadi. Jadi tadi kita lakukan simulasi awal tanpa pemberian materi lalu kita evaluasi apa yang perlu ditambahkan sekaligus membahas bencana,” ujarnya, Rabu (18/12).

Siswa-siswi tersebut dipaparkan materi mengenai gempa bumi dan upaya penyelamatannya. Simulasi berawal dari sirine yang dibunyikan sebagai penanda gempa sedang terjadi, para siswa kemudian mencari tempat berlindung di kolong meja dan kursi. Setelah sirine dihentikan, siswa-siswi dibimbing keluar mengikuti petunjuk evakuasi menuju ke titik kumpul.

Desi bilang selain diberikan materi gempa bumi, para siswa juga diberi materi kesiapsiagaan menghadapi bahaya kebakaran dan pengenalan penggunanaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Respons yang diberikan para siswa-siswi sangat antusias. Mereka sudah memahami cara penyelamatan terdiri saat gempa terjadi hal ini terbukti dari wawancara di sesi akhir yang kita lakukan. Mereka juga secara inisiatif melakukan penggalangan donasi berupa tas, sepatu dan buku untuk para korban terdampak bencana,” jelas Desi.