Tim Medis Dompet Dhuafa Bantu Pemulihan Kesehatan Masyarakat yang Isolasi Mandiri

Tangerang Selatan – Memasuki gelombang kedua wabah corona di Indonesia, banyak fasilitas kesehatan yang mengalami overload, hal tersebut mengakibatkan tidak sedikit masyarakat yang terpapar Covid-19 memilih utuk isolasi mandiri (isoman).

Dengan melakukan isoman di rumah, tidak bisa dipungkiri jika pemulihan kesehatan masyarakat yang terpapar tidak terkontrol karena tidak mendapatkan layanan medis. Oleh karena itu, melalui Tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) dan Tim Disaster Management Center (DMC), hingga kini Dompet Dhuafa terus melakukan berbagai upaya dalam membantu pasien Covid-19, salah satunya dengan membuka layanan Home Visit Pasien Covid-19.

Pada Minggu 11 Juli 2021, Tim Medis Dompet Dhuafa melakukan home visit ke salah satu rumah warga yang berada di daerah Pondok Cabe Tangerang Selatan. Di rumah tersebut terdapat sembilan anggota keluarga yang terpapar Covid-19.

“Hari ini kita melakukan pemeriksaan langsung ke rumah warga yang terpapar, dalam satu rumah ada sembilan orang yang postif dan salah satunya lansia,” ujar Dokter Yuni salah satu Medis dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa (LKC).

Setelah memakai alat pelindung diri (APD) yang lengkap, dalam pelayanan home visit tersebut Dokter Yuni melakukan pemeriksan dengan mengecek suhu tubuh, tekanan darah, gula darah, dan saturasi.

“Untuk mengetahui perkembangan pemulihannya maka dilakukan pengecekan suhu, tekanan darah, gula darah dan saturasi,” tambah Dokter Yuni.

Selain melakukan layanan home visit, tim Medis Crisis Center Covid-19 DD juga membuka layanan konsultasi via telpon. Layanan tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi mereka yang tidak mendapatkan layanan medis selama menjalani isolasi mandiri.

Untuk mendapatkan akses layanan kesehatan yang disiapkan oleh Dompet Dhuafa, dapat menghubungi Crisis Center Covid-19 di 08111617101 (WA Only).