Tim Rescue DMC Dompet Dhuafa Bantu Warga Terdampak Banjir Karawang

JAKARTA – Banjir terjadi di 30 desa di 14 kecamatan di Karawang, Jawa Barat sejak Selasa (25/2). Sebagai lembaga respons cepat bencana, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa secara sigap mengerahkan Tim Rescue ke sana. Demikian dikatakan Koordinator Lapangan Tim Rescue DMC Dompet Dhuafa untuk Banjir Karawang Barqu Syudjai.

β€œTim bergerak untuk melakukan evakuasi bagi 10 kepala keluarga (KK) atau sekitar 40 jiwa di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di sini ketinggian air bervariasi mulai dari 10 sentimeter hingga 2 meter. Tadi saat mengobrol dengan aparat setempat, kemungkinan banjir terjadi akibat curah hujan tinggi, serta drainase tersumbat dan syphon tersumbat sampah,” ujarnya.

Ia lanjutkan, untuk hari ini (27/2), banjir sudah mulai surut menjadi 0-40 sentimeter namun Tim Rescue masih bersiaga dan melakukan patroli di daerah terdampak. Patroli dilakukan guna melihat tim tambahan yang perlu diturunkan seperti Tim Kesehatan atau Tim Dapur Umum ke masyarakat terdampak. Untuk saat ini, tim turut membantu kesediaan Dapur Umum di pos pengungsian kantor desa.

Untuk diketahui, banjir yang terjadi kali ini lebih besar dibanding enam banjir sebelumnya yang juga terjadi di tahun ini. Sekda Karawang Acep Jamhuri mengatakan, sejak 23-25 Februari 2020 banjir terjadi di 53 desa di 26 kecamatan di Karawang. Akibat banjir tersebut, sebanyak 14.808 rumah terandam dan 47.670 warga dari 15.734 KK. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9.770 warga mengungsi salah satu yang terparah di Desa Karangligar. (Ika)