Tim Susulan DMC Dompet Dhuafa Diterjunkan untuk Membantu Pendampingan Penyintas Banjir Bandang

JAKARTA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengirim tim susulan untuk membantu respons pascabanjir bandang yang terjadi di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin (13/7/20). Sebelumnya DMC Dompet Dhuafa telah terlebih dulu melakukan respons cepat melalui jaringan relawan di Komunitas Ayo Tolong dan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.

Koordinator Tim Susulan Respons DMC Dompet Dhuafa Erwandi Saputra menyebut selain membawa tambahan personil dan peralatan, turut dibawa pula armada berupa mobil taktis 4×4, ambulance, dan mobil Dapur Keliling. Armada-armada tersebut sudah terlebih dulu diberangkatkan menggunakan kapal menuju Makassar sehari sebelum keberangkatan tim susulan.

“Perlengkapan yang dibawa berupa alat perlindungan dasar di kala pandemi berlangsung yaitu hand sanitizer, sabun cair, dan kacamata goggle. Kemudian perlengkapan untuk evakuasi berupa helm, sarung tangan, alkon dan sepatu bot. Selain itu karena akan dilakukan pendampingan psikososial kepada anak-anak penyintas banjir, kita juga membawa perlengkapan Taman Ceria yang terdiri atas set permainan anak-anak,” jelas Erwandi.

Sebelumnya tim yang telah terlebih dahulu berada di lokasi sudah melakukan beberapa upaya respons seperti evakuasi, Dapur Umum dan Pos Hangat. Maka, lanjut Erwandi, ada beberapa program tambahan yang akan dilakukan yakni Dapur Keliling dan Pelayanan Kesehatan. (Ika)