Tingkatkan Jiwa Rohani Relawan, DMC Dompet Dhuafa Gelar Kajian Ramadhan

Tangerang Selatan – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membuat program khusus yang dikemas dalam kegiatan Tahrib Ramadhan dengan tema “Jiwa Penolong Jangan Sampai Kosong”.

Pada Senin (26/04/21), kegiatan Tahrib Ramadhan diisi dengan tausiyah dan buka puasa bersama yang bertempat di Markas DMC Dompet Dhuafa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Tausiyah yang berlangsung selama 1 Jam tersebut diisi oleh Dr. Moch Syarif Hidayatullah, M.Hum dengan tema kajian “Ramadhan sebagai Syahrul Ibadah”.

Dalam kajiannya Ustadz Syarif menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan momentum bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah.

“Inilah saatnya, inilah momentumnya untuk kita memperbaiki diri, dengan berbagai macam varian ibadah sesuai dengan apa yang kita mampu”, ungkap ketua Jurusan Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Selain banyak menjelaskan tentang pentingnya meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan, Ustadz Syarif juga memberikan motivasi kepada para jamaah yang terdiri dari staff dan relawan DMC Dompet Dhuafa agar senantiasa terus berbuat baik kepada orang lain.

“Ibadah yang dirasakan manfaatnya oleh orang lain, dirasakan oleh orang banyak itu lebih tinggi nilainya daripada ibadah yang hanya kita sendiri yang merasakan manfaatnya, asal niatnya lillahi’tala”, tambah anggota Da’i Cordova Dompet Dhuafa tersebut.

Sementara itu, Direktur DMC Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit menyatakan, kegiatan tahrib Ramadhan ini selain bertujuan menyemarakan bulan suci Ramadhan juga sebagai sarana untuk meningkatkan jiwa rohani para staff dan relawan DMC Dompet Dhuafa.

“Sebagai relawan ketika di lapangan tentu banyak bersentuhan dengan penyintas bencana, selain relawan harus kuat secara emosional juga harus kuat secara rohaninya, dan salah satu ikhtiar kita agar para relawan memilik jiwa rohani yang baik yaitu dengan mengikuti kajian seperti ini”, ungkapnya. (DMC/Salam).