Tingkatkan Skill, DMC Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Drone dan Pemetaan Wilayah

Tangerang Selatan – Dalam upaya meningkatkan kemampuan SDM, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mengadakan Pelatihan Drone dan Pemetaan Wilayah bersama dengan Komunitas Relawan Ayo Tolong Jabodetabek yang bertempat di Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Kamis (22/04/21).

Pelatihan ini berlangsung selama satu hari dengan diikuti sebanyak 5 peserta yang terdiri dari (2 orang) Tim Infokom DMC Dompet Dhuafa dan (3 relawan) Komunitas Ayo Tolong Jabodetabek.

Dalam pelatihan ini peserta terlebih dahulu diberikan pengetahuan dasar mengenai alat, fungsi, dan teknis dalam mengoprasikan drone.

“Sebelum kita belajar gimana caranya menerbangkan drone, yang pertama itu kita harus tau apa itu drone, fungsinya apa, dan yang paling penting harus tau bagian-bagian drone-nya”, ungkap Mas Zainul Abidin, Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang menjadi Trainer pelatihan drone dan pemetaan wilayah dalam kegiatan kali ini.

Setelah diperkenalkan dengan alat-alat drone, selanjutnya peserta diberikan arahan dan kesempatan untuk mengoperasikan drone dari mulai take off, mengambil gambar, pemetaan wilayah, dan landing.

Kegiatan pelatihan drone ini penting diadakan agar para relawan memiliki kemampuan mengoperasikan drone dan pemetaan wilayah khususnya dalam ranah kebencanaan.

“Dengan drone kita bisa menjangkau sudut-sudut yang tidak bisa dijangkau oleh kaki kita, terus kita bisa mendapatkan view dan angel yang berbeda dan kita bisa mencangkup gambar secara keseluruhan dan juga melakukan pemataan dampak bencana,” tambah Zainul.

Para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini, walaupun mereka sempat merasa ketakutan pada saat diberikan kesempatan untuk menerbangkan drone.

“Ini adalah pertama kali saya ikut pelatihan drone, ternyata asik dan seru walaupun ada rasa takut pas awal-awal nerbangin drone-nya”, ungkap Fahri, salah satu peserta dari Komunitas Ayo Tolong yang ikut dalam pelatihan ini.