Warga Desa Medana Apreasiasi Program Kawasan Tanggap Bencana DMC Dompet Dhuafa

LOMBOKUTARA – Ani Hariani, 30th, salah satu warga Dusun Gol Desa Medana, Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, ungkapkan apresiasinya pada program Kawasan Tanggap Bencana (KTB). Program ini adalah program yang digelar Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa sejak September silam untuk warga Desa Medana.

“Saya sebagai salah satu warga desa ini memang sangat mengharapkan adanya kegiatan ini. Begitupun dengan banyak warga lain. Dengan adanya kegiatan ini kami jadi lebih tau cara meminimalisir risiko dan apa-apa saja hal yang harus dilakukan saat bencana terjadi,” papar Ani.

Apalagi, lanjutnya, Desa Medana sudah tiga kali diguncang gempa yakni pada tahun 1979, 2013, dan yang paling parah terjadi tahun lalu. Hal itu menyebabkan warga desa mesti selalu siaga menghadapi bencana.

Pada pelaksanaan pelatihan ini, Ani juga mengaku bahwa banyak pengetahuan baru yang didapatkannya. Salah satunya tentang pembagian musim dan kaitannya dengan potensi bencana. Wanita yang sempat jadi penyintas gempa Lombok ini katakan sangat ingin berkontribusi untuk menyukseskan program KTB.

“Saya berharap semoga kegiatan ini konsisten karena masih banyak warga yang membutuhkan pengetahuan terkait kebencanaan. Warga lain juga siap untuk proaktif melibatkan diri. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih pada DMC Dompet Dhuafa yang bersedia mengurangi beban kami. Karena masih banyak yang awam tentang penanggulangan bencana,” ungkap Ani.

Desi Edian Sari Staf Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa memang sebutkan respon warga yang menjadi peserta sangat positif. Terlihat dari antusias dan partisipasi mereka ikuti pelatihan. Berangkat dari hal tersebut, ia bilang jika program KTB di Desa Medana sudah tepat sasaran. (Ika)