Warga Mulai Bersih-Bersih, Darling Bagikan Makanan ke Rumah-rumah

BEKASI — Dua hari semenjak banjir melanda wilayah Jatiasih, Kota Bekasi, sudah menunjukkan tanda-tanda surutnya debit air. Warga penyintas pun sudah mulai kembali ke rumah untuk sekedar bersih-bersih, dan membawa apa yang bisa diselamatkan.

“Alhamdulillah hari ini sudah mulai surut, semalam itu masih sepinggang. Jadi mumpung surut kita bersih-bersih,” aku Rahmat, salah satu penyintas asal Kampung Salak Bawah.

Karenanya, tim Dompet Dhuafa melalui Darling (Dapur Umum Keliling), ikut serta mendukung warga dengan membawakan menu makanan ke rumah-rumah, pada Minggu (21/02/2021) sore. Sambil sedikit menembus genangan air, tim relawan mendatangi satu per satu warga yang sedang membersihkan hunian mereka.

“Karena warga sibuk membenahi rumah mereka yang terendam, jadi kami antarkan menu makanan ke rumah mereka. Karena dapur mereka sendiri pun juga terendam jadi tidak sempat menyiapkan konsumsi mereka sendiri,” terang Ojan, relawan Darling yang sedang bertugas.

Pada hari tersebut, Darling dan relawan lokal menyiapkan ratusan porsi makanan kepada warga penyintas banjir dan relawan di sekitar Jatiasih, Bekasi. Selain menyiapkan makanan, ada juga tim medis yang bersiaga bila ada warga yang membutuhkan pertolongan.

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus membuat beberapa titik di wilayah Kecamatan Jatiasih, Bekasi terendam banjir. Jebolnya tanggul penahan aliran air Sungai Baru mengakibatkan genangan hinggap dada orang dewasa. Hingga hari ini, warga masih mengungsi di rumah-rumah kerabat terdekat. (Dompet Dhuafa / Zulfana)