Warga Penyintas Bencana Lebak Manfaatkan Mushola yang Dibangun DMC Dompet Dhuafa

LEBAK – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membangun mushola untuk penyintas bencana banjir bandang dan longsor di Kampung Susukan, Desa Bungur Mekar, Sajira, Lebak, Banten. Di tempat pengungsian ini terdapat 175 kepala keluarga (KK) atau sekitar 500-an jiwa. Pendirian mushola ini dilakukan mengingat perlunya tempat yang layak agar warga bisa beribadah dengan husyuk.

“Selain warga pengungsi, warga yang bermukim di sekitar sini juga bisa memanfaatkan mushola ini. Berdasarkan koordinasi dengan aparat TNI rencananya akan para penyintas akan pindah di sekitar mushola sebab ada lahan yang bisa dibangun untuk hunian sementara,” ujar Koordinator Lapangan Tim Respons Banjir Lebak Sanadi, Kamis (30/1)

Ia tambahkan jumlah warga di pos ini sebenarnya fluktuatif sebab kadang mereka kembali ke rumah. Namun jika hujan turun lebat para penyintas kembali menghuni tenda-tenda darurat di pos pengungsian Kampung Susukan.

Selain membangun mushola di Lebak, DMC Dompet Dhuafa juga tengah membangun mushola untuk penyintas banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Tangseng Bawah, Desa Suka Raksa, Cigudeg, Bogor, Jawa Barat. Adapun jumlah warga penyintas yang bisa memanfaatkan ini sebanyak 59 KK atau 221 jiwa. (Ika)