Yuk Cegah Banjir dengan Melakukan 5 Cara Mudah Ini

Indonesia menjadi negara langganan banjir pada saat musim hujan tiba. Banyak kerugian yang dirasakan, dari mulai kerusakan sarana prasarana, terhambatnya jalur transportasi, pencemaran lingkungan dan lainnya.

Banjir bisa terjadi karena faktor alam dan faktor kelalaian manusia. Faktor yang pertama akan sulit kita cegah. Namun faktor yang kedua dapat dihindari selama kita berupaya untuk melakukan hal-hal yang mencegah terjadinya banjir.

Keterangan: Foto diambil sebelum pandemi Covid-19.

Dalam upaya pencegahan banjir, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga perseorangan. Lalu apa saja upaya pencegahan banjir yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Dikutip dari SehatQ, ada 5 cara mudah dama mengatasi bencana banjir, di antaranya:

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Hal pertama yang bisa kita lakukan dalam upaya pencegahan banjir adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Membuag sampah sembarangan di berbagai lokasi, mulai dari selokan, sungai, hingga laut, selalu berisiko menimbulkan banjir. Meski Anda merasa yang dibuang hanyalah sampah kecil, tapi jika sampah kecil itu menumpuk dari ratusan atau bahkan ribuan orang melakukan hal yang sama, maka tetap saja hal tersebut bisa menyumbat saluran dan proses penyerapan air hujan.

  1. Tidak menebang pohon secara liar

Jika di lingkungan sekitar rumah masih terdapat kebun atau hutan yang rindang, pastikan untuk tidak melakukan penebangan secara liar. Pohon sangat dibutuhkan untuk proses penyerapan air hujan. Semakin banyak pohon yang ditebang, maka risiko terjadinya banjir pun akan bertambah tinggi.

Keterangan: Foto diambil sebelum pandemi Covid-19.
  1. Tidak melakukan alih fungsi lahan

Adanya alih fungsi lahan secara massif yang menjadikan hutan, rawa atau sawah menjadi lahan permukiman dapat menjadi faktor terjadinya banjir. Karena alih fungsi lahan seperti itu akan menurunkan tingkat resapan air dan vegetasi.

  1. Menanam pohon di sekitar rumah

Menanam pohon atau tanaman dapat menjadi salah satu cara mencegah banjir karena akar tanaman bias mejadi “selang” alami yang dapat mengalirkan air hujan untuk masuk kedalam tanah dan tersimpan sebagai cadangan air tanah. Tanpa akar tanaman, air hujan yang turun tidak akan bias menyerap ke tanah dengan sempuran, sehingga menyebabakan penumpukan atau genangan di atas permukaan tanah.

  1. Membuat saluran air dengan baik

Selain menanam pohon, anda juga perlu membuat saluran air yang baik di sekitar rumah, agar air hujan yang turun tidak menumpuk di atas permukaan tanah atau aspal di sekitar rumah. Untuk anda yang tinggal di daerah banjir, agar air banjir tidak mudah masuk, coba pastikan kembali saluran air di sekitar. Jika kurang baik, maka segera perbaiki.

  1. Rutin membersihkan selokan rumah

Lakukan kerja bakti rutin setiap dua minggu sekali atau setiap bulan di lingkungan rumah untuk membersihkan selokan. Selain bisa mencegah banjir, kegiatan ini juga akan mencegah selokan menjadi sarang nyamuk dan tikus penyebab penyakit (DMC/Salam).