DMC Dompet Dhuafa dan Tim SAR Gabungan Temukan Pemancing yang Hilang 

Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dan tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban tenggelam dalam kondisi meninggal dunia di Teluk Saleh, Desa Labuan Pidang, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada Selasa (14/5/2024) pagi. 

Dalam laporan resmi Basarnas Mataram, Lalu Wahyu Effendi, Kepala Kantor SAR Mataram mengungkapkan jasad korban ditemukan mengambang di pinggir teluk pada pukul 08.57 WITA.  

“Setelah dievakuasi, korban diserahkan ke pihak keluarga,” ucap Wahyu.  

Diketahui, korban tenggelam bernama Suhardi (48 tahun) warga Desa Pamanto, Kecamatan Empang, tengah memancing ikan di laut pada Senin (13/5) sekitar pukul 18.30 WITA. Sejak itu, Suhardi tak ada kabar dan dinyatakan hilang. 

Pada Selasa (14/5), awalnya upaya pencarian korban dilakukan secara sederhana dengan menggunakan perahu dan alat seadanya oleh masyarakat setempat pada subuh  pukul 05.00 WITA.  

Baru pada pagi hari pukul 8.50 WITA, tim SAR Gabungan, yakni Basarnas, BPBD Sumbawa, TNI-Polri, Forum Silaturahmi Pecinta Alam dan relawan DMC Dompet Dhuafa berhasil menemukan korban di wilayah sekitar teluk.  

“Kami menemukan jasad korban mengambang di pinggir teluk pada 08.50 WITA, setelah melakukan pencarian bersama tim SAR Gabungan dan masyarakat desa setempat dengan menyisir laut dan pinggir teluk,” ujar Yudis, relawan DMC Dompet Dhuafa yang turut membantu pencarian di lokasi. 

Dengan ditemukannya korban dalam kondisi meninggal dunia, kini proses evakuasi dan pemulangan jenazah telah dilakukan ke rumah duka.  

DMC Dompet Dhuafa berbelasungkawa atas musibah yang terjadi pada Almarhum Suhardi. Semoga segala amal kebaikan selama hidup dapat diterima di tempat terbaik, di sisi-Nya, serta segala kesalahannya diampuni oleh-Nya.  

Dan semoga segenap keluarga yang ditinggalkan dinaungi ketabahan sebesar-besarnya. (MAA/DMC Dompet Dhuafa)